Sabtu, 17 Agustus 2013

BERITA TERBARU

Kemendikbud Seleksi Tenaga Pendidik Berprestasi & Berdedikasi

Jum'at, 16 Agustus 2013 11:39 wib
Margaret Puspitarini - Okezone


Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone) Ilustrasi. (Foto: Heru Haryono/okezone)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar pemilihan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berprestasi dan berdedikasi di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Kemendikbud juga memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada para PTK tersebut.

"Dengan tema PTK berprestasi dan berdedikasi konsisten mewujudkan peserta didik yang kreatif, inovatif sesuai kurikulum 2013, kami bertujuan ingin memberikan penghargaan dan pengakuan kepada para PTK berprestasi dan berdedikasi, serta meningkatkan motivasi dan inovasi dalam bidang pendidikan secara berkelanjutan," ujar Dirjen Dikmen Kemendikbud Jazidi, di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2013) malam.

Pemilihan PTK berprestasi dan berdedikasi tersebut, lanjutnya, dilakukan mulai dari satuan TK hingga SMA dan pendidikan khusus. Sekira 720 peserta tersebut terdiri atas beberapa kategori, yakni guru, kepala sekolah, pengawas, dan tutor.

"Untuk guru, sekurang-kurangnya telah bertugas selama delapan tahun di sekolah yang sama. Kepala sekolah harus minimal masa jabatan dua tahun di sekolah yang sama. Sementara untuk pengawas sudah menjabat di posisi tersebut selama empat tahun. Dan tentunya mereka semua memiliki segudang prestasi selama masa jabatan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menilai, pemberian penghargaan terhadap para PTK adalah tindakan yang tepat mengingat besarnya jasa mereka

"Mereka yang hadir di sini adalah PTK terbaik yang mewakili berbagai provinsi di Indonesia. Prestasi mereka sungguh luar biasa dan kami merasa berutang kepada mereka," ungkap M Nuh.

Walaupun para PTK terpilih tersebut telah menuai beragam prestasi, M Nuh mengingatkan agar mereka tidak berpuas diri. Menurut M Nuh, sebagai seorang tenaga pendidik, mereka tidak boleh berhenti untuk belajar dan menjadi sumber inspirasi.

"Meskipun sudah yang terbaik tapi yang tidak boleh dilupakan, harus terus menerus belajar. Guru harus jadi sumber inspirasi dan panutan karena mereka sudah membuktikan diri bisa sukses di pelosok," imbuhnya. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar